Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia

 1. Efek Perubahan Konsentrasi

Jika konsentrasi unsur/senyawa di salah satu ruas ditambah, kesetimbangan akan bergeser ke arah yang berlawanan dan jika konsentrasi unsur/senyawa di salah satu ruas dikurangi, kesetimbangan akan bergeser ke arah dirinya sendiri.


Misalnya: reaksi Nitrogen (N2) dan hidrogen (H2) membentuk amonia (NH3)

2. Efek perubahan suhu

Suhu dapat dinaikkan atau diturunkan untuk menggeser kesetimbangan kimianya. Jika suhu dinaikkan, sistem akan berupaya untuk menurunkan kembali suhu menjadi normal dan menghasilkan reaksi eksoterm. Sebaliknya, jika suhu diturunkan, sistem akan berusaha untuk menaikkan suhu dan menghasilkan reaksi endoterm. Dengan kata lain: Jika suhu dinaikkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pembentukkan senyawa-senyawa yang menyerap panas (endoterm). Ciri reaksi ini adalah harga ∆H nya positif (+). ∆H adalah harga perubahan panas atau kalor. Sebaliknya, jika suhu diturunkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pembentukkan senyawa-senyawa yang melepas panas (eksoterm). Ciri reaksi ini adalah harga ∆H nya negatif (-


Misalnya: reaksi Nitrogen (N2) dan hidrogen (H2) membentuk amonia (NH3)(H3)

3. Efek Perubahan Tekanan

Jika tekanan diperbesar dengan menurunkan volume maka kesetimbangan bergeser ke koefisien (jumlah mol) yang lebih kecil. Sebaliknya, jika tekanan diperkecil dengan meningkatkan volume maka kesetimbangan bergeser ke koefisien reaksi (jumlah mol) yang lebih besar.


Contoh: reaksi Nitrogen (N2) dan hidrogen ( H2) membentuk amonia (NH3)


Efek tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan kimia.

4.Efek Perubahan Volume

Ketika volume pada sistem berubah, tekanan parsial gas berubah. Jika volume ditingkatkan dengan menurunkan tekanan, kesetimbangan bergeser ke sisi yang memiliki lebih banyak mol. Sistem mencoba untuk menetralkan penurunan tekanan parsial molekul gas dengan menggeser ke sisi yang memberi tekanan lebih besar. Demikian pula, jika volume diturunkan dengan meningkatkan tekanan, kesetimbangan bergeser ke sisi yang memiliki lebih sedikit mol. Sistem mencoba untuk menetralkan peningkatan tekanan pasrsial molekul dengan menggeser ke yang memberikan tekanan lebih sedikit.


Misalnya: reaksi Nitrogen (N2) dan hidrogen (H2) membentuk amonia (NH3)

Komentar

Posting Komentar